Menikmati Hidup bersama Pengkhianat Yang Telah Musnah (Interview Gak Jelas)

Posted: Senin, 26 Oktober 2009 by Divan Semesta in
4

Namanya penanya cukup panjang, Pengkhianat Yang Telah Musnah, tapi dia merasa nama itu cukup disingkat dengan PYTM.

Orang yang pernah bertanggung jawab terhadap pembuatan dan penerbitan sebuah zine dan web site ini sudah saya kenal beberapa tahun lalu. Bahkan keluarganya pun sudah seperti keluarga bagi sy. Rumahnya sering dijadikan sebagai tempat pelarian sewaktu dulu, ketika kuliah uang bulanan sy dihabiskan untuk membeli buku-buku yang saat ini ingin sy bakar.

Pria yang dulu pernah mengenyam (namun sekarang sepertinya mengecam) ini pernah pula memanas-manasi sy untuk mengacungkan salam tiga jari sewaktu wisuda. Alasannya sederhana, ”Van, bosen ngeliat orang-orang (di wisuda) aktingnya gt-gt doang!” Dan memang banyak hal, darinya, yang membantu saya untuk berbuat dan melakukan sesuatu. Dia termasuk dalam lingkaran terdekat sy dan dengan lingkaran itu kami banyak menikmati hidup: pergi ke air terjun dan berlibur kala pemilu dilaksanakan, mencoret-moreti dinding kota Bandung dengan tulisan-tulisan tak jelas, atau bahkan mewawancarai jelema burung (mewawancarai orang setengah gila)

Dengannya, kami bersama-sama menikmati hidup. Memaknai bahwa melakukan aksi, mempertahankan kefundamentalisme-an, tidak melulu harus bersikap serius, karena Rasulullah pernah mengatakan bahwa terlalu serius akan membuat hati kita seperti batu. Mungkin dia, kami kadang keterlaluan, tetapi itulah, kami akan selalu belajar, dan kalaupun salah seorang tidak lagi belajar maka diantara kami akan saling memanas-manasi. Dan diapun seperti itu karena oran ini pada dasarnya memang tukang kompor sejati. Hati-hati jika berdekatan dengan dia, karena sy adalah salah satu korbannya.


Lantas, check this worthless interview bergaya wadam ini. Selamat mendulang.


1. Bagaimana memandang penghormatan terhadap sebuah bendera? Apa sama dengan menghormati patung Dewi Kuan Im atau patung-patung yang dijadikan simbol agama-agama? Dan katanya Yeiy keluar dari Akabri gara2 masalah itu?

Fenghormatan bendera afa dulu nich? Klo eike disuruh menghormati Ar Rayah ketika fersiafan jihad, insyallah eike bakal “hormat grak” seketika itu juga. Tafi kalau yang dimaksud melakukan penghormatan ala militer fada bendera merah futih, maaf eike sudah tidak bisa melakukan fenghormatan terhadap thagut lagi. Ya meskifun tanfa dilandasi akidah -seferti ketika menghormati Dewi Kuan In dll- tafi merah futih adalah manipesto dari sebuah akidah yang ngawur. Eike lebih baik menghormat ke celana dalam yang dikerek di tiang bendera darifada hormat yang begituan. Celana dalam tidak memiliki freperensi akidah tertentu selain bermakna kenikmatan dan “kabusiatan”. Hahaha….. Eike out dari Akmil bukan masalah seferti yang dikau bilang. Sumfah bukan itu!

Dulu (maaf)eike orang yang nasionalis (sengaja eike gunakan kata maap yang dikurungi karena hal tersebut menjijikan seferti halnya tai). Hanya saja eike ini nasionalis yang rasionalis & moralis (damn!). Menghormati bendera bukan masalah buat eike. Walaupun begitu, eike anti menangis-nangis ketika membekafkan bendera di wajah. Eike fikir ngafain sampai menangis seferti itu. Gila tu orang!

Keluarnya eike dari “sana” lebih karena eike merasa terlalu banyak kemunafikan disana. Yang lebih farah, banyak frinsif-frinsif di agama eike yang menurut eike sih itu sudah dimarjinalkan. Bagaimana mau memimfin negeri ini kalau hal-hal frinsifil begitu malah dilabrak

2. Itu artinya pola pendidikan AKABRI nggak sesuai dengan identitas yeiy saat ini dong?

Kalau bicara sekarang ya iya lah. Eike sekarang “Teroris” sedangkan disana “Femberantas teroris” (bagi mereka yang belum faham). Sebenarnya fola fendidikan disana itu bagus di satu sisi. Tapi di sisi yang lainnya adalah sebuah kerusakan. Eike masih oftimis & mencoba untuk berbaik sangka, kalau saja kerusakan tersebut mau diganti dengan yang haq, eike yakin militer-militer di negeri ini akan menjadi fejuang-fejuang dan femimpin ummat yang lurus dan ditakuti lawan.

3. Bagaimana pun buruknya apa imbas positif pendidikan disana buat yeiy? Apa ada perbedaan disiplin sebelum dan sesudah masuk kesana?

Seferti yang eike bilang. Disana ada sisi fositifnya. Tidak selamanya buruk. Banyak lah yang fositifnya.

Namun kalau untuk masalah disiflin, eike merasa kedisiflinan disana itu bullshit. Disiflin hanya sebuah tofeng femanis yang didoktrinkan ke dalam otak-otak femuda lugu & peminim seferti eike. Sejatinya kedisiflinan itu tidaklah pernah terbentuk kecuali rasa feodalistik yang semakin menjadi. Sebab buat eike sekarang, kedisiflin tidaklah ferlu dengan seferti afa yang diajarkan disana. Disiflin akan terjadi ketika mindset kita dirubah. Dan itu harus berasal dari kesadaran dan keyakinan yang tanpa tekanan

4. Dari photo2 yang yeiy liatin, keliatannya dulu yeis masuk scene anarki ya? Sempet buat band apa? Dan wacana/lirik yang diangkat seperti apa?

Eike sebenarnya hanya seorang poser, abal-abal dan sejenisnya. Kalaulah dikatakan masuk scene anarchy ya tidak samfai segitunya. Sebab dulu eike hanya jadi kroco yang ikut-ikutan keluyuran sana sini. Dari FAF hingga FPH sambil menenteng beberafa buah zine yang disuguhi oleh kawan-kawan yang sudah terlebih dahulu terjerumus. Maklumlah scene punx kental dengan nuansa anarchy. So, lambat laun eike fun ikut teracuni sedikit ide-ide Anarchy. Makanya ketika masa “transformasi” eike masih menyakini bahwa ideologi eike saat itu adalah Anarchyreligiusromantis. Hahaha….

Membuat band mah banyak. Dari yang froyekan sampai yang sedikit serius. Sayang liriknya masih lirik-lirik tidak bermutu. Kawan-kawan di band kurang setuju dengan lirik-lirik frogresif ferlawanan yang eike tawarkan. Tapi alhamdulillah, karena itulah akhirnya eike tidak berlama-lama lagi di dunia seferti itu. Tak tahu afa jadinya kalau kawan-kawan mau dengan afa yang eike mau.

5. Ada beberapa teman yang menyanyikan lagu Burger Kill misalnya (…akan kuhisap bau neraka….), atau Antiflag atau yang standar Jhon Lenon lah (… Imagine there is no heaven…), sejauh mana peran lagu tersebut dalam pembentukan, atau pengeroposan keyakinan?

Well, secara musikalitas eike suka dengan Burgerkill & Antiflag. Keduanya band yang benar-benar kick ass. Berada di tengah-tengah gigs mereka lalu moshing merufakan kenikmatan “ sakit gila” yang tiada tara. Itu yang eike rasakan. Adafun masalah lirik, eike tidak merasakan adanya pengerofosan akidah dalam diri eike. Ini mungkin karena eike merasa kalau fara fembuat lagu tersebut sebenarnya hanya sekedar bermain euphoria kata. Gagayaan kalau bahasa Sunda nya mah. Hanya saja menurut eike lagu-lagu semacam ini adalah racun bagi mereka yang belum dafat memilah-milah mana yang menjadi landasan keyakinan atau tidak. Ini bahayanya.

6. Jika orang-orang mengatakan bahwa moralitas agama-agama adalah moralitas kaum tertindas, bagaimana pandangan yeiy tentang teman-teman yang sering mengutip Nietzche, Heidegger, Marx atau bahkan musisi-musisi Punk Rock yang atheis atau agnostik?

Menurut eike, sah-sah saja orang memandang bahwa moralitas agama adalah moralitas kaum tertindas. Sebab toh itu adalah sebuah bentukan dari afa yang dinamakan femikiran manusia. Ia akan senantiasa ada dan akan senantiasa berbeda meskifun telah ditetafkan terlarang atau malah berdosa. Mau bilang itu cara fikir kaum tertindas atau fun tidak, itu semua tergantung fada afa yang ada diotak dia. Seferti juga halnya ketika beberafa golongan atheis menanyakan Tuhan fada mereka yang mengakui adanya Tuhan. Fasti bantahan mereka (atheis) adalah Tuhan itu ada karena kamu ciftakan di otakmu. Nah, begitu juga dengan orang yang mengatakan moralitas agama-agama adalah moralitas kaum tertindas. Bagi eike, tertindas itu diciftakan diotak kalian. Sebab bagi eike tidaklah demikian.

Kalau masalah mengutif-mengutif dari fendafat beberafa orang terdahulu, menurut eike sich sah-sah saja. Wong ada bukunya. Wajar kalau mereka membaca dan mengatakan seferti afa yang dikatakan oleh si penulis buku tersebut. Hanya saja saran eike, segera tobat sebelum hal tersebut menjadi akidah bagi dirinya. Dan sebelum ajal menjemfut dia. Sebab semua yang tadi itu adalah samfah! Yang hanya akan mengotorimu ketika di hari nanti.

7. Yeiy mungkin dulu pernah tidak mempercayai Islam bagaimana awalnya? Apa lagu dan liriknya mempengaruhi yeiy? Setau eike yeiy suka lagu Bad Religion, atau band punk dung pret crot?

Kata siafa eike dulu tidak memfercayai Islam? Dari dulu juga eike fercaya Islam. Cuman tidak sampai taraf yang memahami. Sekedar KTF doing. Hehehe… eh astagfirullah deng.

Eike tidaklah samfai ke taraf seorang atheis. Ini mungkin karena fada waktu itu eike masih belajar en mencari jati diri. Maklumlah anak muda. Bandung fula. Tau kan Bandung?!

Hanya saja samfai sekarang masih ada satu fertanyaan yang selalu mengganjal eike. Klo fas eike inget fertanyaan itu, maka eike merasa kacau fikirannya. Sengaja tidak eike katakana, soalnya kalau eike katakan efeknya eike ingat. Dan fusinglah kefala eike. Ini fun sedang eike coba-coba tidak ingat. Hehehe…

Balik lagi ke ketidakfercayaan eike pada Islam. Lebih tefatnya mungkin bukan tidak fercaya tafi eike dulu belum tahu Islam itu sebenarnya seferti afa. Kalau saja eike tahu sejak dulu kalau Islam itu sebuah idelogi (meski tidak fantas dikatakan ideologi)maka sudah sejak dulu eike memfercayai Islam.

Yuf eike suka band-band punx. Menurut eike, tone iramanya fas ajah di telinga eike. Mulai dari Bad Religion, Crass, Pennywise, Ramones, NOFX, Social Distortion, Blag Flag, Not Available, Dead Kennedy, Baken Beans, Vandal, Fugazi, Varukers, No Use For Name, Exploited, Anti Flag, Tiger Army, Rancid,No Fun At All, The Business, Jeruji, dll semua suka lah.

Kalau Bad Religion, mhmmmm…… eike suka music & sikaf folitiknya. Juga kefedulian mereka terhadaf kondisi dunia yang sudah terjerat kafitalisme ini. Selebihnya tidak. Afalagi kefercayaan si Greg Graffin yang atheis itu. Atheis mah bodo! Tafi leuwih bodo nu fercaya demokrasi. Hahaha…

8. Melihat blog yeiy, keliatannya yeiy suka sekali hal-hal berbau kekerasan, bagaimana pandangan yeiy terhadap kekerasan? Dan bagaimana menerapkannya dalam skup lokal?

Eike sebenarnya orang yang tidak suka kekerasan.Selama hidup eike, berkelahi kayaknya belum fernah dech. Kalau fun semfat berkelahi, saat itu eike diam aja karena ditonjokin ma orang tafi ga terasa sakit afa-afa. Trus faling satu lagi ma tawuran. Sudah bawa balok gede & faling defan barisan tafi urung eike fukulkan. Mungkin karena fas mau berkelahi eike ditodong M16 oleh felatih di kesatrian. Hahaha…

Balik lagi, fada intinya eike orang yang tidak suka kekerasan. Mungkin bisa dibilang anti. Tafi untuk masalah diblog eike, itu lain ceritanya. Bagi eike, selain karena gagayaan, konsef blog yang berbau sedikit keras itu merufakan usaha eike menghentikan kekerasan terus terjadi. Sebab ketika “kekerasan” terhadap manusia dan kemanusian coba dihilangkan dengan “kelembutan” maka sejatinya itu sudah menapikan pitrah manusia itu sendiri.

Terlefas dari semua itu, saya lebih fercaya bahwa hantaman fena lebih keras efeknya darifada hantaman bogem berates kali.

9. Setau eike adik yeiy kan cantik ya, nah, eike kan pernah baca mengenai masalah moralitas Nietzche pernah bilang kalau kita harus buat stadar moralitas sendiri terlepas dari agama. Menurut moralitas ente apa dibenarkan incest dengan adik sendiri/dengan ibu atau dengan bapa?

Hahaha…. Gelow! Beruntunglah eike bukan Nietzche. Tafi eike juga yakin Nietzche tidak akan berbuat demikian fada adik/kakak feremfuannya. Flus juga fada ibu dan bafaknya. Tolong kasih tahu buku/sumbernya eike klo ada biograpi Nietzche yang menjelaskan klo doski melakukan ferbuatan itu. Eike sich yakinnya Nietzche tidak atau belum fernah melakukan hal demikian. Sebab pilem-pilem bokef yang temanya incest belum ada saat itu. Pilem-pilem gitu baru ada sekarang-sekarang aja. Dan itu fun tidak akan fernah Miyabi lakukan dengan bafaknya yang galak itu. Hahaha……

Standar moralitas bila diberikan fada setiaf fribadi manusia maka akan terjadi komfleksitas moralitas yang isinya begitu beragam dan tak karuan.

11. Bagaimana pandangan yeiy tentang baik dan buruk harus diserahkan pada pikiran manusia?

Ketika baik dan buruk diserahkan fada manusia maka tunggulah kehancuran manusia itu sendiri. Sebab, selamanya, baik dan buruk itu tidak akan fernah dafat sama antara sesama manusia. Contoh kecil; Bagi saya boker sambil membaca buku adalah sesuatu yang baik. Namun belum tentu bagi yang lain. Bisa jadi sebagian yang lain mengatakan hal tersebut terlaknat. Atau malah layak mendafatkan hukuman fenjara. Semua serba tidak fasti kalau distandarkan pada fikiran manusia. Karena tiaf-tiaf kefala manusia memiliki beragam alasan dan nilai-nilai yang tentu saja tidak sama dengan manusia lainnya.

Contoh lainnya adalah dalam kasus mobil. Dengan asumsi manusia tidak tahu mobil sebelumnya, mereka sudah fasti akan berdebat fanjang mengenai afa yang harus diisikan dalam tangki bensin. Bisa jadi sebagian mengatakan harus diisi batu. Sebagian lagi darah. Atau ada juga yang mengatakan harus diisi air kencing. Semua orang memiliki jawabannya masing-masing. Mereka mengklaim bahwa filihan merekalah yang baik sedang yang lain adalah buruk. Kalau sudah begindang mau afa coba?

Filihan dari eike, Tanya fenciptanya. Kalaufun tidak dafat bertemu dengan fenciptanya, lihat saja manual book yang telah diciptakan fenciptanya. Eike yakin kalau semua disandarkan pada afa yang ada dalam manual book penciptanya, segala baik dan buruk untuk mobil itu akan terjawab sudah.

12. Yey sekarang ngurusin apa nih sehari2 LY? Atau ada hal lain yang dikerjain? Misalnya ngerjain tukang sekoteng.

Sehari-hari eike sekarang mengurus anak. Dan tentu berusaha membuat anak lagi. Syukur-syukur kalau sukses mencari fabrik anak baru. Hahaha… Biar tar anak-anak eike bisa mengincingi Israel dari atas pesawat samfe Israel-nya tenggelem. Hahaha…

LY? LY is dead man! Kalau fun mau, yang ada juga LJ a.k.a Liberation Jomlo. Misi & pisinya membebaskan status jomlo di kalangan femuda Islam agar mereka dafat menggenafkan sefaruh agamanya dan menjadi dirinya sebagai bagian dari ummat Rasulnya. Bahasa gaulnya menjadi Lembaga Take Me Out yang insyallah syar’i. Hahaha…

13. Bagaimana mengaitkan antara kasus Miyabi, Intifada, Koil dengan akidah?

Damn! Fertanyaan yang super dufer lieur. Eike ga tau harus jawab afa. Yang jelas Koil (khususnya Otong Koil), eike yakin adalah fenggemar berat Miyabi aka Maria Ozawa. Nah kalau saja akidah mereka bisa diluruskan sesuai dengan manhaj ahlu sunnah wal jamaah, eike yakin mereka bakal menjadi barisan terdefan dalam jihad intifadah. Saya yakin lagu-lagu mereka; Semoga Kau Sembuh, Untuk Kemenangan kami, Murka, Mendekati Surga, Aku Lupa Aku Luka, Kita Dapat Diselamatkan, Apa Yang Kita Percaya, dll, isi liriknya akan berubah menjadi tema-tema jihad & intifadah. Amin. Hehehe…

14. Ketika yeiy memandang bahwa ada musuh yang harus diperangi, bagaimana yeiy mendidik anak dengan cara pandang itu? Dan gerak seperti apa yang bakal ente lakukan untuk itu?

Jelas eike sedini mungkin mengajarkan bahwa didalam hiduf ini selalu ada fertarungan fada anak. Afafun bentuk atau namanya. Pitrah manusia hidup memang seferti itu. Sejalan itu, eike juga ajarkan bahwa dirinya (anak eike) memfunyai musuh yang nyata-nyata ada. Namun bukan dengan mengajarkan fermusuhan yang tanfa tedeng aling-aling. Melainkan rasa kebencian atas nilai-nilai yang tidak sesuai dengan afa yang menjadi ideloginya saat ini (baca: Islam)

Gerak yang eike lakukan ya (seharusnya) tidak lain adalah jihad fisabilillah. Sebab saat ini status hukum jihad adalah fardhu ain bagi seluruh ummat Islam di dunia. Tafi jujur eike masih belum funya kemamfuan kesana. So, darifada tidak sama sekali, eike akhirnya memutuskan untuk menjadikan diri eike bagian dari ferjuangan jihad itu sendiri. Entah itu termasuk dalam kategori jihad atau tidak, eike berharaf semoga saja filihan-filihan seferti; memberikan receh pada keluarga mujahid & mujahidin, mengkabari berita-berita jihad, memanas-manasi orang untuk berjihad, latihan fisik, termasuk dalam kategorisasi jihad. Sebab kalau tidak, maka eike masih belum melakukan aktivitas jihad yang fardhu ain itu.

15. pret!
Kentut lu bau Jap!!! Sialnya eike suka bau kentut. Uh yeahhh…..

4 komentar:

  1. Ho Ho Ho Koji... tertarik di wawancara?

  1. ayo mari diwawancara!!!!
    Biar jadi artis.
    Kafan lagi jadi artis coba?:)

  1. Weits telat saya bacanya...terlambat deh jadi artis dunia maya...hehehehe

be responsible with your comment