Sebuah Pertanyaan

Posted: Selasa, 25 November 2008 by Divan Semesta in
0

Sahabat saya ingin mengetahui adakah sejarah bagi orang miskin?

Saya tidak mau mendefiniskan sejarah seperti halnya beberapa ahli yang mengatakan bahwa sejarah adalah peristiwa yang dibuat oleh orang-orang besar dan berpengaruh, bahwa sejarah adalah persistiwa spektakuler. Saya tidak mau peduli. Saya tidak mau tahu, karena yang paling penting bagi saya:
apakah sesuatu itu memiliki makna,
sehingga bagaimapun miskinnya,
bagaimanapun dimarjinalkanya seseorang dan sebuah klan,
apabila ia mengkisahkannya entah melalui tulisan atau lisan,
maka apa yang disampaikannya akan menyejarah.

Yeah, setidaknya bagi orang sekitarnya kan?

Ini artinya, saya menyatakan bahwa sejarah orang miskin itu ada.

0 komentar:

be responsible with your comment