Surat untuk Aktivis Hizb at Tahrir

Posted: Rabu, 08 Juni 2011 by Divan Semesta in
5


Di bulan yang mulia ini, rasa kebajikan muncul pada diri kaum muslimin. Mereka menghadap Allah dengan penuh harapan akan pahala dan ridlo-Nya. Kita berharap kepada Allah, agar Dia memberikan hidayah dan taufik-Nya kepada kita dan seluruh umat Islam agar dapat melakukan amal sha¬leh. Dan memuliakan kita dengan pertolongan-Nya nan agung. Serta, semoga menjadikan semua amal kita diterima sebagai ketaatan dan ikhlas semata-mata mencari keridlaan-Nya.

Wahai kaum muslimin:

Kalian selalu mendengarkan pelaja¬ran dan wejangan tentang puasa, shalat, hajji, zakat, dzi¬kir, istighfar, akhlak dan beberapa mu'amalah. Namun, amat sedikit kalian mendengarkan aspek tertentu dari ajaran Islam. Bila, kalian mendengarkannya pun, sudah tercemar dengan pernyataan-pernyataan yang kontradiktif, penuh inter¬pretasi atau bahkan penyimpangan. Sisi tertentu dari ajaran Islam itu adalah yang terkait dengan aktivitas penguasa (yang sedang memerintah). Ini tidak hanya terbatas kita yang ada di Yordania, melainkan ada juga di negara-negara Islam lainya. Dalam pembahasan ini, kami ingin membeberkan sisi tertentu itu dengan memohon pertolongan Allah agar memberi¬kan petunjuk kepada kita suatu kebenaran.

Allah SWT. berfirman:

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
"Barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang Allah turunkan, maka mereka adalah orang-orang kafir". ( Al Mai¬dah: 44)

Jadi pembahasan ini sangat penting, sebab persoalannya bisa mengeluarkan seseorang dari agama Islam manjadi kufur. Lalu siapa penguasa yang terkena ayat ini? Dan dalam kondisi bagaimana dia bisa menjadi kafir?

Sesungguhnya kata 'Yahkumu' dalam ayat tersebut, serta ayat-ayat lain yang terkait dengan konteks yang sama seperti firman Allah:

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

"Barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang Allah turunkan, maka mereka adalah orang-orang dholim". ( Al Mai¬dah: 45)

Juga firman Allah:

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

"Barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang ditu¬runkan oleh Allah, maka mereka adalah orang-orang fasik". ( Al Maidah: 47)

kata tersebut mencakup siapa saja yang memiliki otoritas dan kekuasaan untuk memutuskan suatu masalah serta menerapkan¬nya, baik sebagai kepala negara, atau salah satu perangkat¬nya, seperti mentri atau orang-orang yang mendapatkan kekua¬saanya dari mereka. Setiap orang yang memiliki otoritas untuk memutuskan dan menerapkan masalah tersebut, termasuk dalam pengertian kata 'Yahkumu' dalam ayat di atas dan berbagai ayat lainya. Siapa pun yang memutuskan dan member¬lakukan suatu masalah dengan cara yang tidak diizinkan oleh Allah, maka dia orang yang berhukum dengan selain yang diturunkan oleh Allah. Baik karena lupa dan bodoh, atau karena tahu tetapi sengaja melakukannya. Baik menghalalkan karena ada udzur, ataupun memberlakukan selain syari'at Allah dengan rasa puas dan tentram (tidak merasa bersalah). Bila orang yang berhukum dengan selain apa yang diturunkan oleh Allah secara sengaja dan membenarkan apa yang dilaku¬kannya, maka jelas dia telah kafir dan telah keluar dari agama Islam.

Namun, bagaimana seorang muslim mengetahui bahwa seo¬rang penguasa itu menerapkan hukum selain yang diturunkan oleh Allah dengan suatu kepuasan atau tidak? Bahwa seorang muslim memiliki bentuk lahir. Dan tidak wajib untuk menyela¬mi yang tersimpan (dalam benaknya). Bila di depan anda terdapat bukti serta indikasi, bahwa seorang penguasa itu berbuat dengan kepuasan serta ridho, disamping itu dia memilih selain syari'at Allah, maka anda bisa memvonis bahwa orang itu kafir. Kemudian anda umumkan kepada orang lain dengan kesaksian dan bukti-bukti yang ada tersebut, bahwa orang tersebut adalah kafir. Lalu anda mengambil langkah-langkah untuk melawannya yaitu langkah yang diperintahkan syara' untuk diambil dalam menentang penguasa kafir.

Namun kesaksian dan indikasi-indikasi dalam persoalan pengkufuran ini berbeda dengan persoalan-persoalan lain. Sebab, dalam persoalan-persoalan lain kesaksian cukup menca¬pai tingkat gholabatud dhon. Sedangkan dalam persoalan pengkufuran jelas harus ada kesaksian yang mencapai tingkat yakin, qath'i. Berdasarkan sabda Rasulullah saw.:

»اِلاَّ أَنْ تَرَوْا كُفْراً بَواَحَا (صُراَحاً) عِنْدَكُمْ فِيْهِ مِنَ اللهِ بُرْهاَنٌ«

"Kecuali jika kalian melihat keufuran yang nyata. Yang kalian punya bukti di hadapan Allah".

Sebagai contoh, keharaman riba jelas qath'i. Sebab sumber dan maknanya qath’i. Bila ada seorang penguasa membuat undang-undang yang membolehkan riba, maka ia sebenar¬nya telah mengambil syari'at selain syari'at Allah serta menerapkan hukum selain yang diturunkan oleh Allah dan menghalalkan apa yang jelas diharamkan Allah. Bila dia mengakui, bahwa dialah yang telah membuat undang-undang tersebut dus mengadopsinya serta mengangkat polisi untuk melindunginya, maka ia jelas-jelas telah mengukuhkan kekufurannya. Masalahnya bukan masalah ijtihad, tetapi masalah yang secara langsung bisa diambil secara langsung dari nash tersebut:

وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ

"Dan barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturukan Allah, maka mereka adalah orang-orang kafir". ( Al Maidah: 44)

Seperti halnya pembolehan riba, adalah pembolehan khamar, judi, zina, murtad dari Islam, meninggalkan sholat, meniadakan hudud, kemudian membuat undang-undang pengganti pemotongan tangan, mencambuk pezina atau merajamnya serta membunuh orang murtad, mencambuk penuduh berbuat zina dan peminum khamar dan sebagainya.

Di sini memang ada perbedaan antara orang yang melaku¬kan riba, dan ia meyakini bahwa riba itu haram, dengan orang yang melakukan riba dengan pernyataan bahwa riba tidak haram. Orang pertama adalah orang yang telah melakukan maksiat. Sedangkan yang kedua adalah kafir. Sebab yang pertama mengakui hukum syara' sekalipun menyeleweng, maka dia hanya maksiat. Sedangkan yang kedua mengingkari hukum syara' yang qath’i, yang ma'lumun minad dieni bidh dharurat (persoalan agama yang jelas diketahui urgensinya), maka dia adalah kafir. Ini adalah keadaan individu yang melakukan. Adapun keadaan penguasa yang membuat undang-undang, dengan hanya meninggalkan hukum syara' yang qhoth'i serta membuat selain hukum syara' dengan asumsi bahwa ini lebih baik dari itu, maka sebenarnya ia adalah kafir. Dan tidak ada perlu dikleim yang lain.

Mari kita perhatikan penguasa-penguasa di negeri Islam di antaranya adalah Yordania. Apakah mereka meninggalkan hukum-hukum syara' yang qhoth'i, kemudian mereka membuat hukum-hukum Barat atau Timur yang lain? Jelas. Apakah mereka mengakui, bahwa mereka meninggalkan hukum-hukum syara' kemudian membuat yang lain, dengan penuh kemauan mereka dan dengan sikap qana'ah (rasa menerima) mereka? Jelas. Maka mereka adalah kafir, dan tidak mungkin dikleim yang lain. Hanya saja mungkin segelintir mereka bisa terhindar dari kekufuran namun, jelas tidak dapat terhindar dari kefasikan dan kemaksiatan.

Mari kita perhatikan anggota-anggota dewan perwakilan, yang mereka sebut dengan dewan legislatif. Mereka telah mengadopsi perundang-undangan dan hukum-hukum yang jelas bertentangan dengan nas-nas Islam yang qath’i, baik sumber maupun artinya. Mereka jelas-jelas mengadopsi kekufuran yang riil. Maka, setiap anggota yang mengekspose dengan bangga dan ridho, tindakan-tindakanya tersebut serta mendorong pengambilan hukum dan perundang-undangan kufur maka jelas dia kafir. Dan tidak dapat dikleim yang lain.

Kemudian, mari kita amati sekelompok ulama' salathin, ulama' penguasa di tiap-tiap negara kaum muslimin. Kita akan mendapati penguasa mendekati masyarakat dan penguasa menon¬jolkan ulama' salathin bahwa mereka adalah orang-orang ahli ilmu Kemudian penguasa tersebut merujuk kepada mereka dalam persoalan penafsiran agama serta meminta mereka untuk menge¬luarkan fatwa sesuai dengan keinginan penguasannya. Mereka adalah orang-orang yang menjadi kepercayaan penguasa atau bagian dari sistem, serta salah satu corongnya. Mereka ini adalah kelompok yang paling berbahaya di tengah-tengah umat.

Umumnya mereka bukan ulama'. Sebab ulama' adalah pewa¬ris para nabi dan orang alim adalah orang yang bertakwa. Firman Allah:

إِنَّمَا يَخْشَى اللهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

Sesungguhnya hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya adalah para ulama'. (TQS. Fathir [35]: 28)

Umumnya mereka adalah orang-orang munafik, yang berusaha menakwilkan agama dan membelokkannya agar sesuai dengan kemauan atasan mereka, para penguasa tersebut. Di Yordania, kita temukan kelompok seperti ini dan orang-orang pun sudah mengetahuinya. Di Suriah, kita juga menemukan kelompok seperti ini dan orang-orang pun telah mengenalnya. Di Irak, di Mesir, di Saudi, di Libya dan di hampir setiap negara Islam kita temukan kelompok seperti ini. Bagaimana hukum mereka dan orang-orang seperti mereka menurut hukum Allah, bila orang alim yang 'paling taqarrub' ini mendorong secara langsung terhadap perundang-undangan yang bertentangan dengan nas syara' yang qhoth'i. Baik sumber maupun maknanya. Dia juga menghiasinya agar bisa dipakai. Maka, orang alim-- yang sebenarnya bodoh ini-- adalah kafir, tanpa sedikitpun keraguan. Sekalipun dia berpuasa, sholat, hajji, dan zakat serta diduga seorang muslim. Maka, dia adalah kafir-munafik. Berapa banyak orang munafik yang tidak menyadari kebobrokan¬nya dan tidak menyadari ketololannya.
Bacalah sepuas anda firman Allah dalam surat Al Baqorah ini:


وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ ءَامَنَّا بِاللهِ وَبِالْيَوْمِ اْلآخِرِ وَمَا هُمْ
بِمُؤْمِنِينَيُخَادِعُونَ اللهَ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَمَا يَخْدَعُونَ إِلاَّ أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَفِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللهُ مَرَضًا وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَوَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لاَ تُفْسِدُوا فِي اْلأَرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَأَلاَ إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَكِنْ
لاَ يَشْعُرُونَوَإِذَا قِيلَ لَهُمْ ءَامِنُوا كَمَا ءَامَنَ النَّاسُ قَالُوا أَنُؤْمِنُ كَمَا ءَامَنَ السُّفَهَاءُوَإِذَا قِيلَ لَهُمْ ءَامِنُوا كَمَا ءَامَنَ النَّاسُ قَالُوا أَنُؤْمِنُ كَمَا ءَامَنَ السُّفَهَاءُ أَلاَ إِنَّهُمْ هُمُ السُّفَهَاءُ وَلَكِنْ لاَ يَعْلَمُونَ

"Di antara manusia ada yang mengatakan: 'Kami beriman kepada Allah dan Hari Kemudian', padahal mereka itu sesung¬guhnya bukan orang-orang yang beriman. Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar. Dan di hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdus¬ta. Dan bila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: 'Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan'. Ingatlah sesungguh¬nya mereka itulah orang-orang yang mebuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar. Apabila dikatakan kepada mereka: 'Ber-imanlah kamu sebagaimana berimannya orang-orang yang telah beriman', mereka menjawab: 'Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?' Ingatlah sesung¬guhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu". ( Al Baqarah: 8-13)

Dan berapa banyak orang kafir menduga bahwa dia telah melakukan kebaikan. Bacalah firman Allah dalam surat Al Kahfi ini:

قُلْ هَلْ نُنُبِّئُكُمْ بِاْلأَخْسَرِيْنَ اَعْماَلاً الَّّّذِيْنَ ضَلَّ سَعْيَهُمْ
فِي الْحَياَةِ الدُّنْياَ وَهُمْ يُحْسَبُوْنَ اَنَّهُمْ يُحْسِنُوْنَ صَنْعاً
"Katakan (Muhammad): 'Apakah kalian mau kami beri kabar tentang orang-orang yang merugi perbuatanya. Orang-orang yang upaya mereka dalam kehidupan dunia ini telah tersesat, dan mereka selalu mengira, bahwa mereka melakukan kebaikan".

Bacalah firman Allah dalam surat Al A'raf ini:
اَنَّهُمْ اتَّخَذُوْا الشَّياَطِيْنِ اَوْلِياَءِ مِنْ دُوْنِ اللهِ وَيُحْسِبُوْنَ اَنَّهُمْ مُهْتَدُوْنَ
"Mereka telah menjadikan syaitan sebagai teman, dan menolak Allah dan mereka selalu mengira mendapat petunjuk."

Maka, tidak semua orang yang mengira dirinya berada dalam hidayah Allah ternyata tidak demikian. Berapa banyak orang yang 'zuyyina lahum su'u amaluhum' (perbuatan jelek mereka dimake up di hadapan mereka). Standar perbuatan itu hanyalah hukum Allah, bukan kemauan dan hawa nafsunya para pemuka masyarakat.

Secara umum, sebenarnya Allah telah mengutus Muhammad saw. dengan risalah Islam ke seluruh manusia:

قُلْ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا
"Katakan, wahai sekalian manusia, aku ini adalah uusan Allah kepada kalian semua."

Maka, siapa saja yang beriman kepada Allah dan membenarkan Muhammad sebagai utusan-Nya, juga Al Qur'an dari Allah, dan bahwa stari'at Islam adalah wahyu dari Allah. Juga merupakan rahmat bagi seluruh dunia. Barang siapa yang meyakininya, serta menerima dengan sepenuh hatinya, jelas tidak akan mungkin meninggalkannya, lalu memilih yang lainya. Sebab, orang yang berakal tidak mungkin untuk meninggalkan suatu aturan yang telah diturunkan oleh Allah Yang Maha Tahu lagi Adil-Bijaksana, untuk memilih ganti dengan aturan yang dibuat oleh manusia yang lemah plus bodoh. Bila itu muncul dari seorang yang berakal, maka itu pertanda bahwa ia bukan mukmin.

Bacalah firman Allah dalam surat An Nisa':

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ
وَمَا أُنزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَنْ يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَنْ يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُضِلَّهُمْ ضَلاَلاً بَعِيدًاوَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَى مَا أَنْزَلَ اللهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا

"Tidakkah kamu lihat, orang-orang yang mengira dirinya beriman dengan apa yang Allah turunkan kepadamu, serta yang telah diturunkan sebelummu. Mereka hendak berhukum kepada 'thaghut', padahal mereka diperintahkan agar mengkufurinya. Dan syaithan itu ingin menyesatkan mereka sejauh-jauhnya tersesat. Bila dikatakan kepad amereka: 'Mari kembali kepada apa yang diturunkan Allah dan yang dibawa Rasulullah', maka kamu akan melihat orang-orang munafik menghadang kamu dengan sekuat-kuatnya."

Bacalah firman Allah dalam surat An Nur:

لَقَدْ أَنزَلْنَا آيَاتٍ مُبَيِّنَاتٍ وَاللهُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍوَيَقُولُونَ آمَنَّا بِاللهِ وَبِالرَّسُولِ وَأَطَعْنَا ثُمَّ يَتَوَلَّى فَرِيقٌ مِنْهُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَمَا أُوْلَئِكَ بِالْمُؤْمِنِينَوَإِذَا دُعُوا إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ إِذَا فَرِيقٌ مِنْهُمْ مُعْرِضُونَوَإِنْ يَكُنْ لَهُمْ الْحَقُّ يَأْتُوا إِلَيْهِ مُذْعِنِينَأَفِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ أَمْ ارْتَابُوا أَمْ يَخَافُونَ أَنْ يَحِيفَ اللهُ عَلَيْهِمْ وَرَسُولُهُ بَلْ أُوْلَئِكَ هُمْ الظَّالِمُونَإِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُفْلِحُونَوَمَنْ يُطِعْ اللهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللهَ وَيَتَّقِيهِ فَأُوْلَئِكَ هُمْ الْفَائِزُونَ

"Kami sungguh telah menurunkan ayat yang menjadi penje¬las. Dan Allah akan memberikan peunjuk kepada siapa pun, yang Dia kehendaki, ke jalan yang lurus. Mereka mengatakan: 'Kami beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan kami ta'at. Kemudian setelah itu, sekelompok mereka ada yang berpaling. Dan mereka bukanlah orang-orang beriman. Dan apabila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya, agar rasul menghukum di antara mereka, tiba-tiba sebagian dari mereka menolak untuk datang. Tetapi jika keputusan itu untuk kemaslahatan mereka, mereka datang kepada rasul dengan patuh. Apakah (ketidak datangan mereka, karena) ada penyakit dalam hati mereka, ataukah karena ragu-ragu, ataukah karena takut Allah dan rasul-Nya berlaku dzalim kepada mereka? Sebenarnya mereka itulah orang-orang yang dhalim. Sesungguhnya jawaban orang-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul mengadili di antara mereka ialah ucapan: 'Kami mendengar dan kami patuh'. Dan mereka itulah orang-orang yang patuh. Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapatkan kemenangan".QS. an-Nur [24]: 46-52

Seorang muslim, baik penguasa ataupun rakyat jelata, tidak mungkin meninggalkan syari'at Allah dan dia mebuat hukum sendiri selain hukum Allah dengan ridla dan tentram. Bila dia melakukannya, maka dia bukanlah seorang muslim. Ini adalah firman Allah yang jelas-jelas qath'i dalam hal ini:

فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ
ثُمَّ لاَ يَجِدُوا فِي أَنفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
النساء: 65

"Maka demi Tuhanmu, mereka sekali-kali tidak beriman hingga mereka menjadikanmu sebagai hakim terhadap apa yang mereka perselisihkan. Kemudian mereka tidak menemukan dalam diri mereka keberatan sedikitpun terhadap apa yang telah kamu putuskan dan mereka menerima dengan sepenuhnya".

Bangkitlah, hai kaum muslimin rahimakumullah. Berapa banyak persoalan yang kalian kira remeh, namun di sisi Allah termasuk masalah yang besar. Maka, boleh jadi ada persoalan yang dapat mengeluarkan seorang muslim dari keislamannya dan dia tidak mengetahuinya. Kemudian setelah itu, tidak ada gunanya dia banyak berpuasa ataupun sholat. Allah telah memberitakan kepada kita tentang ahli kitab. Kita telah menemukan firman-Nya:

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللهِ

"Mereka menjadikan rahib-rahib dan pendeta-pendeta mereka sebagai Tuhan selain Allah".

Ketika Rasulullah saw. ditanya bagaimana mereka menjadikan¬nya sebagai Tuhan-tuhan, beliau menjawab:

»اَحَلُّوْا لَهُمْ الْحَرَامَ وَحَرَّمُوْا عَلَيْهِمُ الْحَلاَلَ فاَطاَعُوْهُمْ«

"Mereka menghalalkan yang diharamkan dan mengharamkan yang dihalalkan kepada mereka, lalu mereka pun mentaatinya".

Lihatlah, apakah penguasa-penguasa kalian saat ini berani menghalalkan yang diharamkan, dan mengharamkan yang dihalalkan. Dan apakah kalian tetap mentaati mereka? Tidak ragu lagi, mereka jelas menghalalkan banyak hal yang telah diharamkan oleh Allah. Dan mengharamkan banyak hal yang telah dihalalkan oleh Allah. Tetapi, apakah kalian rela dengan sepenuh hati kalian, terhadap hal itu? Bila kalian melakukannya, kalian berarti telah menjadikan mereka sebagai Tuhan-tuhan selain Allah. Dan kami berlindung kepada Allah dari hal itu.

Rasulullah saw. bersabda:

»مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَراً فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِساَنِهِ،
فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ اَضْعَفُ اْلإِيْماَنِ«

"Barangsiapa melihat kemungkaran, maka hendaklah dia merubahnya dengan tanganya. Bila tidak kuasa maka hendaklah merubah dengan lisannya. Bila tidak kuasa maka hendaklah merubah dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemahnya iman."

Dalam riwayat lain:

»وَلَيْسَ وَرَاؤَ ذَلِكَ ذَرَةً مِنْ اِيْماَنِ«
"Dan di luar itu, sudah tidak ada lagi sebutir keimanan pun."

Penguasa-penguasa itu adalah pangkal kemungkaran. Sistem mereka adalah sumber kemungkaran. Bila seorang muslim lemah untuk merubah dengan tangan dan lisanya, maka sebenar¬nya dia tidak boleh lemah untuk membencinya serta menging¬kari dosa untuk merubah dengan hatinya. Bila dia tidak pernah benci terhadap kemungkaran tersebut dan diingkari dalam hatinya, maka hatinya jelas kafir, yang di dalamnya sudah tidak lagi terdapat iman.

Dari sini, jelaslah bahwa mayoritas penguasa kaum muslimin saat ini bukan lagi berbuat maksiat, ataupun fasik saja. Tetapi mereka adalah kafir yang jelas-jelas kufur yang telah mengeluarkan mereka dari agama Islam. Dan jelaslah, bahwa tinta dan lidah yang berusaha membersihkan penguasa-penguasa serta sistem-sistem kufur yang mereka praktekan adalah tinta dan lidah yang pemilikny adalah orang-orang munafik dus kufur. Kekufuran mereka jelas. Yang bisa menge¬luarkan mereka dari agama Islam. Jelaslah pula, bahwa orang yang menerima penguasa-penguasa beserta rela terhadap sistem kufur yang mereka praktekkan dengan hati yang rela adalah kafir. Yang kekufurannya jelas, dus telah mengeluarkan dirinya dari agama Islam. Ya Allah, kami memohon ampunan dan keselamatan kepadamu.

Seorang muslim tidak cukup hanya mengingkari dengan hatinya. Sebab, ini merupakan selemah-lemahnya iman. Dan umumnya, kaum muslimin mampu mengingkari dengan lisan dan sebagian yang lain justru mampu mengingkari dan merubah dengan tangannya. Tetapi orang yang membeberkan kemungkaran tersebut dengan lidah atau tanganya, bisa juga mengantarkan dirinya pada penganiayaan penguasa-penguasa serta centeng-tenteng mereka. Maka, sampai di mana batasan kewajiban yang diwajibkan atas seorang muslim untuk menaggung penganiayaan dalam rangka membatalkankebatilan dan menguatkan kebenaran?

Allah berfirman:
فَاتَّقُوْا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

التغابون 16

"Bertakwalah kalian, sekuat kalian".

Nabi saw. bersabda:

»إِذَا اَمَرْتُكُمْ بِاَمْرٍ فَأْتُوْا مِنْهُ مَا السْتَطَعْتُمْ«

"Bila aku perintahkan suatu perintah, maka tunaikanlah perintah itu sekuat kalian".

Ahli fiqih telah membatasi kemampuan tersebut dengan batasan ikrahun mulji'un. Yaitu penyiksaan yang bisa dipastikan akan membawa kematian atau sakit yang membawa cacat selamanya. Semisal mencukil biji mata, memotong daun telinga, atau dua kaki, atau mematahkan tulang punggung, atau melumpuhkan beberapa organ vital dalam tubuh. Maka, tidak diperbolehkan bagi seorang muslim untuk meningalkan suatu kewajiban atau melakukan perbuatan haram selain apabila dipaksa dengan paksaan ikrah mulji'. Bukan hanya ancaman cambuk, penjara ataupun di-PHK dari kerja dan sebagainya sebagi bentuk rukhsah bagi seorang muslim untuk meningalkan fardhu atau menumpuk keharaman sebab itu bukan di luar kemampuan. Inilah batasan kewajiban itu.

Sedangkan sunahnya, batasannya, adalah sampai mening¬gal. Islam telah mendorong seorang muslim untuk menentang kemungkaran serta kepada pelaku kemungkaran sekalipun harus mengorbankan nyawanya dalam rangka menunaikannya. Bukan hanya dengan harta dan tenaganya. Nabi saw. bersabda:

»سَيِّدُ الشُّهَدَاءِ حَمْزَةٌ وَرَجُلٌ قَامَ إِلَى ذِي سُلْطاَنٍ جَائِرٍا
فَأَمَرَهُ وَنَهاَهُ فَقَتَلَهُ«

"Penghuilu para syuhada' adalah Hamzah serta seseorang yang berdiri di hadapan penguasa dholim, kemudian dia perin¬tahkan (kemakrufan) kepadanya serta mencegah (kemungkaran) darinya, lalu dia membunuhnya".

Bangkitlah, hai kaum muslimin rahimakumullah. Agar masyarakat kalian bersih dari kebobrokan dan kemungkaran. Yakinilah, bahwa hal itu tidak akan bisa melainkan dengan menghancurkan sistem kufur serta pangkal kekufurannya. Kemudian meletakkannya di tangan para tokoh yang beriman kepada Allah serta hari akhir. Mereka berhukum dengan kitab Allah dan sunah Rasulullah.

Hai kaum muslimin yang ta'at. Di bulan mulia ini nilai pahala di sisi Allah, berlipat ganda. Dan dalam rangka menunaikan ketaatan, adalah berupaya menegakkan kekhilafahan Islam. Yang dengan kekhilafahan itu, Allah akan memuliakan kita dengan kemenangan atas orang-orang Yahudi serta orang-orang kafir.

Dengan khilafah, Allah akan menyatukan dunia kaum muslimin. Dengan khilafah pula Allah akan membersihkan jiwa, pikiran serta masyarakat kita dari kotoran-kotoran kufur yang telah memerangi kita. Dengan khilafahlah, hukum-hukum syari'at kita yang cemerlang itu akan kembali ke pangkuan kita. Denganya pula umat Islam akan kembali lagi menjadi umat yang mulia. Sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ
وَتَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ

"Kalian adalah sebaik-baik umat yang telah dilahirkan untuk manusia. Kalian memerintah kepada kemakrufan dan mencegah dari kemungkaran serta kalian beriman kepada Allah".

وَعَدَ اللهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُم فِي اْلأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمْ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي
لاَ يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا

"Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kalian, serta beramal sholeh, bahwa Dia akan memenangkan kembali mereka di muka bumi ini. Sebagaimana Dia telah memenangkan orang-orang yang ada sebelum mereka. Dan Dia akan mengukuhkan agama mereka yang telah Dia ridhoi untuk mereka. Dia juga akan menggantikan setelah ketakuatn mereka dengan ketentraman. Mereka menyembah-Ku dan tidak pernah menyekutukan-Ku dengan apapun".
---------------------------
Note:

Sebelumnya saya menyampaikan bahwa tulisan di atas adalah tulisan Annabhani berjudul BULAN RAMADHAN; BULAN TURUNNYA AL QUR'AN, yang jarang atau mungkin tidak pernah kita lihat dan perdebatkan. Pada kenyataannya, tulisan tersebut menurut Bapaknya Rifki bersumber dari buku berjudul Indonesianya Islam, Dakwah dan Politik, PTI 2002. Bab 12, hal 87, bulan ramadhan, bulan turunnya al qur'an.

Bapaknya Rifki sendiri tidak yakin, tulisan tersebut berasal dari tulisan Syaikh Taqiyuddin Annabhani. Yang ia yakini, adalah tulisan tersebut berasal dari sebuah buku yang judulnya sudah saya sampaikan sebelumnya. Penulis buku tersebut Anonim. Jadi, ada dua kesimpulan yang bisa di ambil, bahwa tulisan tersebut boleh jadi berasal dari tulisan Syaikh An Nabhani. Yang namanya boleh jadi berarti tidak pasti.

Apapun itu, anonimnya tulisan tersebut, tetap menarik karena idenya berdasa al Quran dan as Sunnah, yang mengajarkan kita pemahaman mengenai al wala wal barra, pemahaman yang mungkin mengabu dalam kehidupa kita. Pemahaman yang mungkin kita tinggalkan.

Kali ini, Adanya pemasangan photo syaikh Taqiyudin, hanyalah sekedar pancingan belaka :D

Jazakallah, hatur nuhun, xie-xie Abu Rifki.

5 komentar:

  1. Anonim says:

    Ini yg dimaksud kemarin bang? -ahsan-

  1. Anonim says:

    Cocok buat dibawa ke lamongan :D

  1. Anonim says:

    sekilas saya baca nada pemikiran syaikh sangat radikal dalam hal menghukumi penguasa yang berkuasa di negeri2 muslim sekarang. ini tidak kita temukan lagi dari HT lokal yang mana sikapnya tidak setegas syaikh dalam menghukumi penguasa lokal.

  1. pei says:

    salah satu Nasroh dalam Hadits As Shiyam, kang .....

be responsible with your comment